Mengenal Perbedaan Jasa Kontraktor Rumah dengan Pemborong

shares


Apabila Anda masih bingung untuk memilih penyedia jasa yang akan Anda gunakan untuk membangun atau merenovasi rumah Anda maka Anda bisa mempertimbangkan banyak pilihan yang tersedia. 

Pilihan yang bisa Anda gunakan untuk mengerjakan proyek rumah yaitu Anda menggunakan jasa kontraktor rumah atau pemborong. Akan tetapi, Anda pasti masih bingung mengenai perbedaan diantara jasa kontraktor rumah dengan pemborong itu apa bukan? 

Pada artikel ini kami akan membahas mengenai perbedaan diantara jasa kontraktor rumah dengan pemborong. Kata membangun atau merenovasi rumah sendiri sering dikaitkan dengan jasa kontraktor. Pengertian kontraktor adalah seseorang atau badan hukum atau badan usaha yang melakukan kontrak dimana kontrak tersebut menjalankan proyek pekerjaan yang didasarkan oleh isi kontrak kesepakatan antara kontraktor dengan pemilik proyek. 

Jasa kontraktor sendiri dikatakan lebih familiar karena sering digunakan dalam pembangunan proyek yang berskala besar seperti pembangunan real estate.

Selain terdapat jasa kontraktor murah dan terpercaya terdapat penyedia jasa lainnya yang bisa Anda gunakan untuk membangun atau merenovasi rumah yaitu jasa pemborong. 

Pemborong sendiri terdiri atas pekerja yang telah memiliki pengalaman di bidang konstruksi bangunan rumah tinggal. Pemborong sendiri memiliki perbedaan apabila dibandingkan dengan jasa kontraktor rumah, yaitu pemborong tidak mempunyai dasar hukum atau berbadan hukum, pemborong sering dikelola secara individu, dan tidak terdapatnya kesepakatan resmi atau suatu perjanjian. 

Akan tetapi, dalam pembangunan rumah biasanya sering digunakan pemborong karena budget yang dikeluarkan tidak terlalu besar seperti menggunakan jasa kontraktor rumah. 

Selain itu, dalam bekerja pemborong tidak terlalu membuat pusing pengguna jasa karena pemborong biasanya tidak membuat RAB atau SPK. Penggunaan pemborong sendiri juga memiliki risiko karena pemborong tidak berbadan hukum sehingga apabila kedepan terdapat permasalahan dalam pengerjaan, Anda akan kesulitan membawa kasus tersebut ke jalur hukum.


mengenal perbedaan jasa kontraktor rumah dan pemborong


Terdapat sedikit tips yang bisa kami berikan untuk Anda yang sedang memilih jasa kontraktor rumah terpercaya dan pemborong, antara lain:

  • 1.    Anda harus terlebih dahulu mencari referensi mengenai kontraktor dan pemborong yang sudah memiliki pengalaman. Cara yang bisa Anda lakukan adalah membaca review yang diberikan oleh pengguna yang sudah menggunakan jasa kontraktor dan pemborong. Dengan cara melakukan ini, Anda akan mempunyai wawasan yang bisa digunakan untuk menentukan jasa kontraktor rumah dengan pemborong berkualitas.

  • 2.    Anda juga harus mencari kontraktor rumah atau pemborong yang bisa Anda ajak untuk negosiasi membicarakan mengenai garansi yang diberikan oleh pihak-pihak tersebut apabila pekerjaan pembangunan atau renovasi telah selesai dikerjakan.

  • 3.    Anda terlebih dahulu harus mendiskusikan dan menegosiasikan mengenai SPK supaya perjanjian tersebut bisa dijelaskan secara mendetail mengenai hak dan kewajiban pengguna dan penyedia jasa.

  • 4.    Apabila Anda belum mempunyai desain yang cocok, Anda bisa menggunakan penyedia jasa yang profesional lainnya, seperti arsitek.


BACA JUGA: PEMBORONG DI JOGJA

Jasa kontraktor rumah dengan pemborong sendiri memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Penggunaan dari jasa kontraktor lebih mahal apabila dibandingkan dengan menggunakan pemborong karena dikerjakan oleh para ahli yang berpengalaman dan sudah memiliki badan hukum.

Akan tetapi, tetap ada suatu kemungkinan terdapat jasa pemborong yang dalam bekerja lebih profesional daripada kontraktor. Kami sarankan apabila Anda membutuhkan suatu jasa yang murah dan efisien untuk membangun rumah tinggal yang tidak besar, Anda bisa menggunakan pemborong. Akan tetapi, apabila Anda membangun rumah dengan jasa yang profesional, legal, dan berpengalaman, Anda bisa memilih menggunakan jasa kontraktor.

Related Posts

0 comments :

Posting Komentar