Membangun Rumah Menggunakan Jasa Kontraktor, Irit atau Boros?

shares

Membangun Rumah Menggunakan Jasa Kontraktor, Irit atau Boros?

Jasa Kontraktor untuk membangun rumah mungkin sudah merupakan hal biasa pada kota kota besar di indonesia, atau mungkin dilingkungan dimana orang yang ingin membangun rumah tersebut adalah orang dengan aktivitas dan rutinitas padat setiap harinya.

jasa kontraktor  bangun rumah

Dikota tanggung/ berkembang atau bahkan dilingkungan pedesaan mereka memiliki asumsi berbeda ketika menggunakan jasa kontraktor untuk membangun rumah.

Mereka berpikirnya memakai jasa kontraktor akan memboros boroskan uang karena secara tidak langsung harus membayar jasa pengelolaan pembangunan rumah tersebut  kepada orang lain.

Asumsi ini sebenarnya tidak salah, yang salah adalah ketika anda menganggap memakai jasa kontraktor itu adalah hal yang boros.

Penjelasanya begini.

Ketika anda BUKAN ahli dibidang bangunan terus harus mencari tenaga kerja seperti tukang bangunan dan pembantu tukang, apakah anda bisa menilai produktivitasya sudah sesuai dengan reward atau upah mereka? Tentunya akan sulit sekali yaah..

Dibeberapa kasus kami mendapat keluh kesah dari klien klien yang pernah membangun rumah sendiri dan salah satunya adalah tentang kinerja tukang yang akhirnya menyebabkan bengkaknya biaya pembangunan rumah.

Untuk bahan material bangunan, ketika anda bukan langganan atau terbiasa berbelanja bahan bangunan tentunya anda hanya akan mendapatkan harga normal atau mungkin lebih mahal dibanding jika orang yang berbelanja bahan bangunan tersebut adalah langganan.

Hal tersebut sebenarnya menjelaskan kenapa harga bangun rumah pada perusahaan jasa kontraktor bisa lebih murah, karena sederhananya... dari belanja saja mereka sudah bisa untung.  

Belum lagi terkait dengan kualitas bahan itu sendiri, contoh saja pasir untuk bahan cor beton, mungkin kontraktor akan dengan sangat gampang untuk mendapatkan bahan (pasir) yang murah dan berkualitas, pertanyaanya apakah anda bisa?

Pertimbangan lain adalah peralatan kerja, ketika anda membangun rumah minimalis 2 lantai misalnya. Tentunya anda akan membutuhkan beberapa peralatan berat yang tidak dimiliki oleh tukang, seperti Beton Molen atau Gunting Besi otomatis.

Nah.. bayangkan jika alat alat tadi harus anda sewa atau harus membelinya tentunya tidak anda harus menyiapkan dana yang cukup besar. Berbeda halnya ketika menggunakan jasa kontraktor...anda tidak perlu memikirkan peralatan tadi lagi, karena biasanya alat disediakan secara gratis oleh kontraktor.

Pertimbangan lain ketika kita menyatakan bahwa memakai jasa kontraktor itu lebih irit adalah, waktu dan tenaga anda yang akan terbuang karena mengurusi pekerjaan pembangunan rumah tadi. Mungkin jika anda bukan seorang dengan aktivitas tinggi hal tersebut bukanlah masalah besar, tetapi jika anda harus bekerja tiap hari dan dengan rutinitas tinggi hal ini pasti akan sangat merepotkan.

Bahkan kalau dikoversikan mungkin hilangnya waktu anda akan menyebabkan kerugian lebih besar kalau dibandingkan dengan membayar jasa kontraktor.

Pertimbangan lainnya adalah level keilmuan dibidang arsitektur dan struktur bangunan, jasa kontraktor rata rata terdiri dari arsitek ataupun Insinyur bangunan (teknik sipil) yang memang berkecimpung dibidang bangunan, secara edukasi mereka memiliki ilmu tentang bangunan, jika memang anda mendapatkan kontraktor yang baik saya yakin.. bangunan anda pasti akan dibangun semaksimal mereka bisa...percaya deh...

Sekedar cerita aja terkait dengan level keilmuan, beberapa waktu lalu kami pernah memperbaiki struktur balok pada bangunan 2 lantai yang bermasalah (Retak) dan selidik punya selidik ternyata kapasitasnya kurang..

waktu kami tanyakan.. dulu yang desain siapa? Jawabnya hanya pasrah tukang

“kata pak tukang dah cukup”

“Sekarang saya takut berada didalam bangunan rumah ini karena baloknya pada retak”

Kira kira begitu cuplikan pembicaraan kami

Hal ini mungkin tidak akan terjadi ketika anda menggunakan jasa kontraktor yang amanah dan memiliki ilmu pengetahuan tentang bangunan dan bagaiman cara menghitung struktur yang aman untuk sebuah rumah 2 lantai.

Sampai sini sudah cukup faham ya?

Kenapa kami menuliskan artikel tentang Membangun RumahMenggunakan Jasa Kontraktor, Irit atau Boros? ini.

Pesan saya hanyalah tetap teliti dalam memilih jasa kontraktor karena sekali lagi kejujuran itu adalah personal.

Masih banyak kok kontraktor yang jujur dan amanah, so..kenapa tidak memakai jasa kontraktor?
  










Related Posts

1 comments

  1. Arsitek & Kontraktor Jogja | Arsitek Indo Kontraktor
    Jasa Arsitek dan Kontraktor. Bangun Mulai 2,7Juta/m2.Rumah, Kost, Kantor,dll. Baru&Renovasi. Gratis biaya desain.
    aik.co.id (087834754624)

    BalasHapus